Selasa, 10 Februari 2009

STIGMATISASI.....

Sekarang mo nulis apa ya.....Diposting yang kemaren udah tentang Kejahatan. Sekarang nulis soal Stigma aja ya...

Ada yang tau soal Stigma..??? Menurut Wikipedia.org Stigma itu berasal dari bahasa Yunani. Istilah ini berasal dari tanda-tanda yang dimiliki seseorang pada tubuhnya (bekas bakaran atau torehan) yang antara lain menandakan bahwa orang itu adalah budak penjahat, atau pengkhianat. Ia adalah orang yang catat moralnya dan karena itu harus dihindari, khususnya di tempat umum.Kata "stigma" juga dipergunakan dalam istilah "stigma sosial", yaitu tanda bahwa seseorang dianggap ternoda dan karenanya mempunyai watak yang tercela, misalnya seorang bekas narapidana yang dianggap tidak layak dipercayai. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).

Dalam Ilmu Kriminologi ada yang disebut Stigmatisasi, yaitu; pemberian cap jelek kepada seseorang yang pernah melakukan kejahatan. Dalam kehidupan sehari-hari kita kadang kala hal ini sering kali terjadi, misalkan ada seseorang yang pernah melakukan kesalahan walaupun satu kali saja langsung Kita berikan cap jelek.

Padahal pemberian cap jelek atau stigmatisasi ini seharusnya tidak boleh terjadi, karena begini misalkan ada seorang mantan narapidana yang telah usai menjalani hukumannya lalu kembali lagi kemasyarakat dan masyarakat itu masih mencap orang itu sebagai penjahat maka tidak tertutup kemungkinan orang itu akan kembali melakukan kejahatannya, karena dia merasa memang dia cocoknya jadi penjahat. nah kalo udah kaya gini gimana orang itu mo tobat ???

Begitu juga dikehidupan sehari2 kita kalo memang ada seseorang melalukan kesalahan jangan langsung mencap jelek orang tersebut, karena hal itu tidak memberikan kebaikan orang tersebut malah akan membuatnya semakin terpuruk....

Yah seperti itu deh pengertian Stigma yang saya tahu.......
Ok cukup sekian..besok-besok lagi ya...

Tidak ada komentar:


Blogger Indonesia