Sabtu, 07 Februari 2009

Modus Operandi Perampokan Rumah


Salah satu jenis kejahatan yang terjadi di sekitar Kita adalah perampokan rumah. Dalam beberapa kasus para pelaku kejahatan ini tidak hanya melakukan aksinya di malam hari tapi juga pagi ataupun siang hari, dan biasanya dilakukan secara berkelompok. Dalam kelompok ini biasanya mereka mempunyai tugas masing2, ada masuk kedalam rumah untuk melakukan aksinya dan yang lainnya bertugas diluar memantau keadaan dan ada juga yang bersiap-siap dikendaraan yang digunakan untuk membawa hasil rampokan. Dalam melakukan aksinya ini para pelaku juga biasanya membawa senjata tajam yang digunakan untuk mengancam korbannya dan juga untuk melukai korbannya apabila melawan.
Berikut ini beberapa modus operandi perampokan yang biasa terjadi :
  1. Masuk kedalam rumah secara paksa dengan merusak kunci pintu atau jendela rumah yang tidak berteralis ataupun bisa juga masuk melalui atap rumah,
  2. Berpura-pura sebagai petugas dari instansi-instansi pemerintah yang sedang menjalankan tugasnya,
  3. Berpura-pura menjadi teman si Tuan Rumah yang sedang mencarinya (ini biasanya dilakukan apabila rumah tersebut hanya ada penjaga rumahnya),
  4. Ada juga yang berpura-pura menanyakan sesuatu seperti, menanyakan alamat,menanyakan kontrakan ataupun hal lainnya kepada orang yang ada dirumah.
Demikian beberapa modus yang sering digunakan oleh para pelaku perampokan rumah, tetapi juga tidak tertutup kemungkinan adanya modus-modus lain yang digunakan karena yang namanya kejahatan juga berkembang mengikuti keadaan yang ada..

Jadi seperti yang selalu di bilang sama Bang Napi....waspadalah...waspadalah....!!!!!!

Tidak ada komentar:


Blogger Indonesia